728x90

Monday, April 25, 2016

Ciri Ciri Kucing Hamil Yang Wajib Anda Ketahui

Siapa sih yang nggak pengen kucing betina kesayangannya memiliki keturunan..?? Pasti CatLovers sangat ingin kucing kesayangannya memililki keturunan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka perlu adanya perkawinan dengan kucing jantan lainnya baik yang satu ras maupun berbeda ras. Setelah melakukan perkawinan hal yang paling ditunggu-tunggu adalah kehamilan, akan tetapi banyak para pemelihara tidak paham ciri-ciri kucing hamil.



Untuk memudahkan mengetahui tanda atau ciri kucing yang sedang hamil selain membawa ke dokter hewan maka bisa CatLovers lihat dari berbagai perubahan fisik maupun perilaku kucing. Sama halnya dengan berbagai makhluk hidup, kehamilan kucing juga akan mempengaruhi bentuk fisik dan juga perilaku. Dan kali ini saya akan memberikan pengetahuan dari ciri-ciri kucing yang hamil.

Berikut adalah ciri-ciri kucing hamil yang wajib anda ketahui :

#Perubahan Perilaku

1. Muntah Muntah

Muntah-muntah pada kucing yang hamil juga biasanya sering terjadi. Walaupun tidak semua kucing hamil mengalami muntah-muntah, akan tetapi jika kucing peliharaan CatLovers mengalami tanda-tanda tersebut maka segeralah bawa kedokter hewan guna memastikan penyabab muntah.

2. Sikklus Birahi 

Kucing yang sedang hamil akan berhenti siklus birahinya. Jika suatu saat kucing CatLovers mengalami pemberhentian siklus birahi setelah dilakukan perkawaninan, maka ini merupakan ciri kalau sedang hamil.

3. Kucing Menjadi Manja Pada Pemiliknya

Kucing hamil akan berperilaku lebih manja dan selalu ingin perhatian para pemiliknya. Tingkah lakunya menjadi lembut dan tenang, saat mulai masa kelahiran maka akan berubah menjadi gelisah dan selalu mencari tempat yang tenang dan hangat.

4. Nafsu Makan Bertambah

Guna memberikan nutrisi lebih pada janin dan ibunya, maka kucing yang hamil akan bertambah nafsu makannya.

#Perubahan Fisik

1.  Perutnya Membesar

Pada masa kehamilan perut kucing akan membesar, hal ini akan terlihat jika sudah memasuki masa kehamilan 5 minggu. Perut akan terus membesar sampai pada masa kelahiran.

2. Bulu Rontok

Saat masa kehamilan, bulu disekitar puting susu akan mengalami penipisan atau rontok. Kerontokan bulu juga terjadi pada bagian lain, akan tetapi tidak lama.

3. Puting Membesar

Perubahan juga terjadi pada bentuk puting susu yang membesar dan berwarna kemerah-merahan.

#Lama Kehamilan Kucing

1. Masa kebuntingan kucing bervariasi antara 59-70 hari, rata-rata 63-65 hari. Cara gampang mengingat adalah dengan membandingkan dengan manusia. Manusia hamil selama 9 bulan, sedangkan kucing 9 minggu.


2. Semakin awal anak kucing lahir, bobot lahir dan ketahanannya semakin kecil. Anak kucing yang lahir pada 59 hari masa kebuntingan, memerlukan perhatian ekstra agar dapat hidup dan terus berkembang.


3. Anak kucing yang lahir pada hari ke 65-70 mempunyai bobot lahir yang lebih besar. Mereka cenderung lebih kuat dan agresif menyusu pada induknya.

4. Waktu kelahiran tergantung pada interaksi induk dan anak kucing yang ada di rahim. Proses kelahiran dimulai dengan pelepasan beberapa hormon reproduksi dari anak. Induk kucing merespon dengan cara melepaskan hormon-hormon reproduksi lain yang banyak berperan dalam proses kelahiran 

Baca juga artikel yang terkait dengan Cara Membasmi Kutu Pada Kucing 

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan buat CatLovers indonesia. salam hangat


sumber : foto diambil dari grub Forum Diskusi Sukses Beternak Kucing Ras

4 comments:

  1. Hhhhh Ciri"nya mirip Manusia ya Min?

    ReplyDelete
  2. Hahaha..... Betul tuh.... Kebetulan saya juga baru update foto kucing lucu.....

    ReplyDelete
  3. kalo ciri-ciri pacar hamil gimana ya? :V

    ReplyDelete