728x90

Wednesday, May 4, 2016

Mengobati Kucing Yang Terkena Jamur

Hiii CatLovers.. Terima kasih masih setia membaca informasi di blog Rumah Kucing. Pada hari yang cerah ini saya akan membagikan informasi tentang Cara Jitu Mengobati Kucing Yang Terkena Jamur. Penyebab kucing terkena jamur adalah dari virus Ringworm atau jenis jamur yang hidup dibagian bulu dan kulit.


 Penyakit jamuran ini kalau terlalu lama dibiarkan akan menular kekucing yang lain melalui kontak kucing langsung atau satu rumah. Virus ini akan menyebar dibagian bulu atau tempat seperti kandang, lantai, tempat makanan, dan sisir dan lainnya. Bagi CatLovers usahakan tempat kandang dan lingkungan tetap terjaga bersih.

Ciri-ciri kucing yang terkena jamur adalah bulu-bulu kucing yang rontok dan botak, terdapat kerak-kerak kering dibagian kulit,  tak hanya itu, rontoan kulit kering yang terkelupas terlihat seperti sisik dan pada bulu yang rontok kulit akan iritasi seperti gatal atau terluka, sehingga kucing garuk-garuk pada bagian muka dan telinga. Pada umumnya kerontokan bulu akan memuncak pada jangka waktu 1 bulan sejak terserang jamur.

Apabila kucing anda terkena jamur, cobalah beberapa cara Rumah Kucing untuk mengobati penyakit kucing yang cukup membandel dan menyebalkan pada kucing kesayangan Anda. Yuk langsung saja kita simak informasi selengkapnya.

Cara mengobati kucing yang terkena jamur

1. Menggunakan Obat Minum

- Fluconazole, Pemberian obat ini diberikan setiap hari atau dua hari sekali sampai sembuh. Eek samping dari obat ini adalah masalah pada fetus kucing, gangguan hati, dan jangan diberikan pada kucing yang hamil.

- Ketoconazole, Obat ini dipakai sebagai obat anti jamur, umumnya diberikan bebarengan dengan makanan. Efek samping dari obat ini adalah hilangnya nafsu makan, dan muntah-muntah.

- Itraconazole, Obat ini diberikan 2 x 2 minggu, obat ini juga sebaiknya diberikan bebarengan dengan makanan yang mengandung lemak, agar penyerapan obat bisa lebih baik. Eek sampingnya adalah hilangnya nafsu makan dan muntah-muntah, dan jangan diberikan pada kucing yang hamil.

- Griseovulfin, pemberian obat ini 4-6 minggu, efek sampingnya adalah masalah pencernaan, demam, dan berkurangnya nafsu akan.

2. Menggunakan Obat Luar

- Shampo, Anda bisa menggunakan shampo khusus kucing yang memang penggunaanya untuk mengatasi kucing terkena jamur. Biasanya shampo tersebut mengandung Povidone Lodine dan sulfur, Anda bisa membelinya dipetshop atau apotik.

- Bedak atau Obat oles, Anda juga bisa menggunakan obat oles untuk mengatasi kucing jamuran, saya sarankan menggunakan minyak VCO (Virgin Coconut Oil), Anda bisa membeli minyak ini pada apotik-apotik terdekat disekitar rumah Anda. Minyak ini aman bagi kucing Anda, dan bisa mengatasi kucing jamuran dan bulunya rontok.

- Belerang atau Lime sulfur 0.5-5%, Obat ini juga dinamakan obat yang classic untuk mengobati enyakit jamur. Cara penggunaannya terbilang cukup mudah, hanya dengan mencelupkan kedala larutan belerang hingga merata keseluruh tubuh, setelah itu keringkan kucing dengan handuk bersih. Pada umumnya kucing takut dengan air, anda dapat menggunakan spray atau semprotan yang mengandung larutan belerang yang tersedia dipetshop-petshop terdekat dirumah Anda.

Itulah cara mengobati kucing yang terkena penyakit jamur, Agar hasil lebih maksimal gunakan salah satu dari cara diatas dan melakukannya secara teratur agar virus ringworm bisa secepatnya teratasi.
Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan buat CatLovers khusunya bagi pemula. Jika informasi ini bermanfaat bagi anda silahkan berikan KOMENTAR LIKE dan SHARE supaya dapat bermanfaat untuk orang lain. Terima Kasih.

9 comments:

  1. gak ku sangka kucing juga bisa jamuran yak

    ReplyDelete
  2. Ohh jadi gini ya, thnkyou gan :)

    ReplyDelete
  3. ternyata kucing juga bisa jamuran ya

    ReplyDelete
  4. nambah pengetahuan nih :) ,, sayangnya ane gak punya kucing :D

    ReplyDelete
  5. Wah mantep infonya nih.. baru tau kalo kucing bisa jamuran :(

    ReplyDelete
  6. Aku terkadang ngga tega jika si pussy jamuran kaya makanan basi. hahaha makasih gan infonya

    ReplyDelete
  7. Keren gan, bermanfaat bgt artikelnya

    ReplyDelete