728x90

Monday, April 25, 2016

Tips adopsi Kucing Untuk Pemula

Hii CatLovers Indonesia saya mau berbagi tips dan cara merawat kucing bagi pemula dengan budget yang minim. Sebagian besar CatLovers pasti sudah tau cara merawat kucing tapi saya mau ngasih tau aja bagi pemula. Disamping kucing adalah binatang peliharaan yang sangat lucu kucing juga adalah binatang yang bisa ngebuat mood kita naik lagi ketika kita merasa galau sedang banyak masalah. Hewan yang berkaki empat ini juga perlu perawatan yang sebagaian besar CatLovers bilang lumayan mahal hehehe tetapi dengan ketelatenan kita dan kesabaran kita semuanya bisa diminimalisir. dibawah ini ada beberapa tips yang akan saya post buat CatLovers.




Sebelum CatLovers memutuskan untuk memelihara kucing, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dipertimbangkan, dan dipersiapkan.

 1. Pastikan seluruh anggota keluarga menyukai kucing. Kalaupun tidak menyukai, minimal tidak anti kucing apalagi jika ada satu atau beberapa anggota keluarga yang phobia/alergi kucing yang diakibatkan karena sensitif terhadap bulu. Apabila dipastikan tidak ada permasalahan-permasalah di atas, maka CatLovers aman untuk mengadopsi kucing. 
2. CatLovers harus menyediakan beberapa kelengkapan standar untuk memenuhi kebutuhan dasar kucing yaitu : Bak pasir (litter tray), pasir zeolit, serokan pasir, sisir kucing, tempat makan, tempat minum, dan kandang (apabila perlu).

3. CatLovers harus memilih kucing yang tepat sesuai dengan kebutuhan.  Apabila CatLovers membutuhkan kucing untuk dipelihara sebagai pet house (sebagai hewan peliharaan di rumah) maka yang utama harus diperhatikan adalah warna bulu sesuai kesukaan, jenis kelamin, serta sifat atau karakter.  Jika memiliki waktu yang cukup, CatLovers bisa melakukan observasi ke cattery asal tempat kucing tersebut atau jika tidak cukup waktu dan jaraknya jauh, CatLovers bisa menanyakan secara detail kepada breeder (peternak) nya mengenai sifat atau karakter dari kucing yang akan CatLovers adopsi.  Namun apabila memerlukan kucing untuk tujuan diternakkan atau dibawa ke ajang show, maka persyaratan dan kriterianya berbeda lagi.

4. Sebelum kucing diadopsi tanyakan beberapa hal penting terutama : apa jenis/merk makanan yang saat ini diberikan, apakah sudah divakasin (jika ya, jenis vaksin apa saja),  kapan terakhir diberikan obat cacing, dan riwayat sakit (jika ada).  Jenis/merk makanan penting untuk ditanyakan karena jika CatLovers langsung mengganti dengan jenis makanan yang tidak biasa, belum tentu akan langsung mau, dan kalaupun disukai bisa mengakibatkan gangguan pencernaan ringan/ mencret. Namun demikian, jika CatLovers akan mengganti makanan dengan merk lain, lakukan secara bertahap. Merk lama 70% : merk baru 30% . Lalu 3-4 hari kemudian 50  : 50 . Baru kemudian secara bertahap merk lama semakin dikurangi hingga nantinya 100% merk baru.
 
5. Setelah kucing tiba di rumah, perkenalkan dengan seluruh anggota keluarga. Ajak bermain sewaktu-waktu sehingga dia tidak merasa kesepian setelah dipisah dari teman-temannya di cattery asal. Tunjukkan tempat pasir (litter tray) tempat dia buang pup dan pee. Kucing baru biasanya tidak langsung mau makan/minum saat dia datang, tapi tetap saja harus siapkan meskipun dalam porsi yang sedikit. Hari pertama dan kedua sebaiknya gunakan makanan yang sejenis dengan makanan di cattery nya.

6. Dalam hal ini CatLovers menggunakan kandang, pilihlah ukuran kandang yang besar dengan asumsi kucing tersebut dewasanya akan seperti apa. Hindari kandang yang sempit karena akan mengganggu pertumbuhannya dan untuk jangka yang lama akan mengakibatkan otot dan persendian kucing menjadi kaku. Jika dilepas di dalam rumah, pastikan CatLovers menyediakan tempat menggaruk (scrats paw) – bisa dibeli di petshop. Kenalkan pada kucing agar nantinya dia tidak menggaruk di tempat yang sembarangan.  Jika CatLovers telah menyediakan tempat garukan, namun kucing tetap merusak jok kursi, CatLovers bisa mengajarkan disiplin dan memberitahu dengan cara CatLovers bahwa itu bukan tempat dia menggaruk. Lakukan disiplin ini sejak kecil agar tertanam terus hingga dewasa. Untuk kucing yang tidak patuh, CatLovers tidak perlu cemas berlebihan karena ternyata ada jenis cover kursi/sofa yang tidak disukai oleh kucing (biasanya jenis bludru lembut), saya sudah membuktikannya 100% efektif. 

7. Hal yang penting untuk diperhatikan dalam mendidik kucing, lakukan pendekatan persuasif. Ajak ngomong dan beritahu pelan-pelan. Jangan sekali-kali melakukan kekerasan karena akan mengakibatkan trauma dan membekas dalam jangka waktu yang sangat panjang. Dalam kondisi ekstrim, kucing akan dendam dan menjadi galak. Kucing yang CatLovers adopsi umumnya masih berupa kitten umur 3-4 bulan sehingga CatLovers memiliki kesempatan untuk “membentuk” karakter dan behavior sesuai yang diharapkan. Apakah kucing akan menjadi good cat atau bad cat, semuanya tergantungCatLovers dan Keluarga.

8. Jalin komunikasi yang harmonis dengan breeder dari cattery tempat CAtLovers mengadopsi untuk berkonsultasi jika ada masalah. Untuk mengetahui apakah breeder tersebut seorang yang enak untuk diajak konsultasi, akan CatLovers rasakan sejak berkomunikasi awal saat pertama kali menyampaikan niat untuk adopsi kucing dari ybs. Breeder yang ketus dan sok sibuk, tidak banyak diharap untuk dapat dijadikan partner dalam membesarkan kucing CatLovers di masa datang.

9. Sebagian masalah besar kesehatan bisa ditangani secara sederhana berdasarkan pengalaman-pengalaman breeder atau para cat lover yang sudah lama memelihara kucing. Namun untuk hal-hal yang sifatnya berat, segera hubungi dokter hewan terdekat. Catat alamat dan nomor telpon dokter hewan, sewaktu-waktu Anda mungkin memerlukan bantuannya. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, saat ini banyak dokter hewan di mana-mana. Pilihlah yang paling Anda percayai dan nyaman ketika berkonsultasi. Jika Anda sudah berlangganan, dokter hewan tertentu dapat dipanggil untuk memeriksa hewan di rumah.

Baca juga artikel yang terkait dengan Tips Melatih Kucing Agar Pintar Dan Penurut


Terima kasih sudah mengunjungi blog saya dan Selamat untuk CatLovers yang telah memilih Maine Coon sebagai kucing sahabat sekaligus anggota keluarga Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan buat CatLovers pemula.


sumber : foto diambil dari grub Forum Diskusi Sukses Beternak Kucing Ras


 

1 comment:

  1. Aduh aq gk suka kucing...

    Tpi dengan tips ini aq bisa nyaranin ma temen kalo mau adopsi kucing

    ReplyDelete