728x90

Wednesday, May 18, 2016

Cara Pintar Memotong Kuku Kucing

Hiii CatLovers... Terima kasih masih setia membaca informasi di blog Rumah Kucing. Pada hari yang cerah ini saya akan membagikan informasi tentang Cara Pintar Memotong Kuku Kucing. Pada umumnya kucing adalah termasuk hewan yang suka dengan kebersihan, jadi kucing juga dapat merawat kukunya sendiri dengan baik yakni dengan menggaruk garuk pada benda seperti pohon, kayu, dll.
Hal tersebut dilakukan oleh kucing bertujuan untuk membersihkan kuku dari kotoran dan untuk mempertajam kukunya. Kadang juga kita merasa jengkel karena kucing menggaruk garuk kukunya di sofa atau kasur, jika hal itu terjadi segeralah Anda membeli tempat garukan yang tersedia di petshop terdekat rumah Anda.

Pemotongan kuku kucing biasanya dilakukan 2 minggu sekali, sebaiknya proses pemotongan kuku kucing ini dilakukan sejak kucing masih kecil, jadi kucing sudah terbiasa apabila kukunya sedang dipotong. Pemotongan kuku kucing juga hal yang paling penting untuk kucing yang mau dikawinkan, karena biar tidak melukai pasangan saat proses perkawinan kucing.

Anatomi kuku kucing juga bisa dibilang unik, karena umumnya kuku kucing akan tersembunyi saat keadaan normal, dan kuku akan keluar apabila kucing dalam keadaan marah. Yang harus diperhatikan saat memotong kuku kucing adalah melihat batas daging degan kuku agar tidak terjadi pendarahan yang menyebabkan kucing kesakitan dan berontak. Untuk itu lihatlah dengan sangat jeli pada kuku kucing, biasanya di bagian dalam kuku kucing berwarna pink dan jangan sampai Anda memotong kuku kucing yang berwarna pink tersebut.

Berikut adalah cara memotong kuku kucing dengan benar.
  • Tekan telapak kaki kucing, hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda memotong kukunya, apabila Anda menekan telapak kaki kucing, kuku kucing akan keluar dan Anda bisa langsung ulai untuk memotong kukunya.
  • Gunakan gunting khusus untuk memotong kucig yang tersedia di petshop.
  • Potong kuku kucing pada bagian yang runcing saja.
  • Lakukan secara teratur, hal ini juga dapat membantu Anda untuk menjaga kebersihan kucing, biasanya pemotongan kuku dilakukan paling efektif adalah 2 minggu sekali, disaat kuku kucing sudah mulai tumbuh dan meruncing.
  • Lakukan dengan hati hati, Jangan sampai Anda memotong kuku kucing yang terlihat tebal agar tidak terjadi pendarahan yang mengakibatkan kucing kesakitan.  
Demikian informasi seputar Cara Pintar Memotong Kuku Kucing . Tak ada salahnya Anda juga membaca artikel seputar Tips Pintar Dan Cara Mengatasi Kerontokan Bulu Pada Kucing. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan buat CatLovers khususnya untuk para pemula yang mau adopsi kucing. Jika informasi ini bermanfaat silahkan KOMENTAR, LIKE dan SHARE biar bermanfaat bagi orang lain juga. Terima kasih 

7 comments:

  1. wah,,, Makasih sob,,, Ijin Bookmark ya soalnya banyak Ilmu tentang kucing ni

    ReplyDelete
  2. wah gitu ternyata caranya

    ReplyDelete
  3. wah saya coba gan
    soalnya kucing saya selalu ngamuk kalau di potong kukunya
    suka mencakar gtu

    ReplyDelete
  4. apakah tidak ada efek samping bila kuku kucing dipotong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak mas.. tp kita harus perhatikan dg betul bagian mana yang harus dipotong..

      Delete
  5. Wah keren masbro, iya bener kuku kucing jgn sampai panjang, kasian dan bahaya klo kita py anak kecil dirumah, nice shareee...

    ReplyDelete
  6. Iya gan ane pernah memotong kuku kucing sampai berdarah, sampai sekarang gak berani motongnya lagi, tapi setelah tahu caranya, ane bakalan coba lagi ah.,

    ReplyDelete