728x90

Tuesday, April 26, 2016

CAra Membasmi Kutu Pada Kucing

Barangkali ada beberapa catlover yang pernah melihat ketika membelai bulu kucing kita yang halus, ada tampak sosok hewan kecil hitam yang bergerak cepat melarikan diri. nah itulah sosok kutu pada kucing.

Kutu kucing merupakan serangga kecil tanpa sayap. Ketika menggigit, peliharaan akan merasa gatal dan menggaruk serta menggigiti tubuh mereka sendiri.
Kutu kucing harus segera dibasmi karena bisa membuat kucing kesayangan Anda mengalami alergi serta kemungkinan menderita infeksi sekunder.



Meskipun tidak dapat hidup di tubuh manusia, kutu kucing bisa menggigit pemiliknya dan menimbulkan rasa gatal mengganggu bahkan reaksi alergi pada sebagian orang.
Bila kita lihat tingkah laku kucing kita yang kerap menggaruk-garuk sisi leher, cobalah amati dahulu bulunya segera. Bila diketemukan sosok kutu, eittsss... tenang aja janganlah panik.!! ada banyak solusi yang wajib anda coba.

#Tips Secara Alami

1. Pertama kali Anda melihat gejala serangan kutu, segera mandikan kucing dengan sabun cuci piring beraroma lemon ringan atau sampo khusus untuk kutu kucing. Bilas dan ulangi proses pencucian untuk meyakinkan seluruh tubuh kucing telah tercuci bersih.

2. Lanjutkan pengobatan dengan sisir kutu. Setelah kucing dimandikan, sisir bulu kucing untuk menghilangkan kutu yang masih tersisa.
Sisir bulu kucing secara teratur untuk mencegah infestasi kutu di kemudian hari.

3. Selain memandikan kucing, cuci pula selimut atau alas yang biasa digunakan kucing.Cuci dengan air panas dan tambahkan secangkir cuka di dalamnya untuk membunuh kutu dan telur yang mungkin tertinggal.



4. Vakum (sedot) rumah secara teratur dengan penyedot debu. Ambil kantong vakum dan tambahkan satu sendok makan tanah diatom agar kutu mati lemas.
Anda bisa menemukan tanah diatom di toko yang menjual perlengkapan berkebun.
Anda juga bisa memercikkan sedikit tanah diatom di luar rumah untuk membantu menyingkirkan kutu kucing.

5. Ambil satu panci air mendidih dan masukkan setengah buah lemon ke dalamnya. Tutup panci, biarkan air menjadi dingin dan lemon larut sepenuhnya.
Setelah air dingin, tuangkan larutan lemon ke dalam botol semprot. Semprot kucing setiap hari dengan larutan ini. Kutu membenci aroma jeruk lemon dan tidak akan mengganggu kucing Anda lagi.

6. Dalam panci, campur setengah bagian air dan setengah bagian cuka. Tuangkan larutan cuka ke dalam botol semprot.
Sama seperti lemon, aroma asam cuka dibenci oleh kutu sehingga tidak akan bersarang di bulu kucing kesayangan Anda

#Tidak Alami

1. Obat tetes Anti Kutu 

Banyak macam jenis obat tetes pembasmi kutu kucing yang tersedia di petshop dengan berbagai merk. Misalnya dari merk revolution, frontline Top Spot, Frontline plus dan Accurate. Langkah penggunaaanya yaitu diteteskan ke tengkuk kucing atau pangkal kepala (leher bagian atas) lantaran kucing tidak bisa menjilat di bagian itu. Agar kutu tersebut tuntas sebaiknya penggunaan ini diulang 1 bulan kemudian, Untuk pencegahannya, pemberian obat tetes bisa anda lakukan 2-3 kali dalam satu tahun. Obat tetes anti kutu ini tidak dianjurkan pada kucing di bawah usia 2 bln. serta baca dahulu aturan pakai nya.

2. Shampo Anti Kutu Dan Jamur

Langkah tersebut adalah langkah yang paling mujarab, mengapa? lantaran dengan mandi yang dapat menghilangkan kutu serta membuat kucing anda lebih bersih, kutu dapat di basmi sampai telur telurnya sekalipun. Sebaiknya sampo dipakai 2 kali. Langkah-langkah cara penggunaan nya ialah siapkan shampoo anti kutu dan jamur. Biasanya tersedia banyak di petshop. Lalu kita mandikan kucing serta berikanlah shampoo keseluruh badan kucing dengan cara merata, bersihkan serta basuh dengan air. Sesudah bersih imbuhkan kembali sampo serta ratakan tunggulah sekitar 5 menit, baru kemudian dibersihkan lagi. Agar lebih tuntas baiknya mandi shampoo anti kutu ini diulang jarak dua minggu. Kemudian, untuk tujuan pencegahan, pemberian shampoo ini bisa dikerjakan 1 bulan sekali. langkah tersebut juga dpt diaplikasikan pada anak kucing di bawah 2 bln.

3. Spray Anti Jamur & Bedak Anti Kutu

Obat ini berbentuk botol semprot dan musti dipakai dengan penuh perhatian. Maksud dari obat semprot ini tidak berarti disemprotkan pada kucing hingga basah kuyup, Cara itu sangat berbahaya. Sebaiknya baca ketentuan pakai serta langkah menyemprot pada kemasan. Janganlah menyemprotkan langsung ke arah muka, mata, mulut kucing serta kemaluan. Untuk kitten tidak di sarankan lantaran anak kucing gemar menjilat-jilat bulunya sendiri.

4. Kalung Anti Kutu

Therapy kutu ini berupa kalung, yang dipasangkan tepatnya dileher kucing yang bisa digunakan kurang lebih sekitar 1 bln., dengan aroma obat yang dikeluarkannya, guna untuk melindungi serta mengusir kutu.

5. Suntik Invermectin Oleh Dokter Hewan

Beberapa orang salah kaprah yang menyebut suntik ivermectin itu adalah suntik anti jamur. Sesungguhnya ivermectin tidak bisa membasmi jamur. Ivermectin bisa dipakai untuk membasmi cacing serta ektoparasit seperti kutu kucing (caplak, pinjal serta tungau). Sepertihalnya obat-obat lain, ivermectin cuma dapat membunuh cacing/kutu dewasa, namun tidak membunuh telurnya. Oleh karenanya dibutuhkan sekurang-kurangnya 3 kali suntikan ivermectin dengan jarak antara 3-4 minggu kemudian. Injeksi ivermectin mesti dikerjakan dengan hati-hati pada kucing yang berumur kurang dari 4 bln. Suntikan ivermectin tidak disarankan pada anak kucing berusia kurang dari 2 bln., lantaran bisa mengakibatkan keracunan serta mengganggu perubahan ginjal. Pemberian obat-obatan apa pun itu jenisnya termasuk ivermectin untuk jangka panjang, sangatlah tidak disarankan. Oleh karenanya, idealnya ivermectin diberikan apabila diketemukan kutu dan telur kutu atau mungkin jika direkomendasikan oleh dokter hewan.

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Bagikan ke yang lain yaa biar semua tau cara tepat untuk membasmi kutu pada kucing.



3 comments:

  1. kucing gua di mandiin ya kabur gan :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin belum terbiasa gan, tp alangkah baiknya si kucing dimandikan pakai air hangat ya biar nggak kedinginan.

      Delete
  2. udah pake shampo anti kutu tetep aja masih ada... mesti bawa ke dokter kali ya..

    ReplyDelete