728x90

Thursday, April 28, 2016

Penyakit Scabies Pada Kucing Dan Cara Pengobatannya

Hii CatLovers, terima kasih  untuk Anda khususnya CatLovers yang masih setia mengunjungi blog saya,. :)
Selamat berakifitas Sobat.!! Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi seputar salah satu penyakit yang biasa menyerang kucing. Gak banyak omong, langsung aja kita simak bersama-sama informasinya.

 Apa sih Scabies itu..?
Jadi Scabies itu adalah sejenis serangga (atau mites) yang hidup di lapisan permukaan kulit terluar, dan membuat terowongan di dalamnya sehingga menjadi infeksi yang bersifat patologis. Gejala kucing yang terkena scabies, akan terjadi penebalan pada kulit, korengan, bulu menjadi rontok dan gatal-gatal.

Scabies berbeda dengan parasit lainnya seperti earmites, ia adalah spesies yang berbeda. Jika earmites hanya menyerang kuping kucing, maka scabies akan menyerang seluruh tubuh kucing.

Scabies biasanya akan menyerang kuping kucing terlebih dahulu, terutama di bagian daun telinga kucing. Karena gatal, biasanya kucing akan menggaruk bagian kuping tersebut dan mites tersebut akan berpindah ke bagian kaki kucing, dari kaki ini lah scabies akan menyebar ke seluruh tubuh.

Cara Mengatasi dan Mengobati Scabies

1. Jika CatLovers mempunyai banyak kucing, maka segera pisahkan antara kucing yang mengidap scabies dan yang sehat. karena penyakit scabies ini dapat menular.

2. Cuci dan bersihkan alat-alat grooming seperti sikat, sisir, kandang, dan semua peralatan dan tempat yang sering digunakan pada kucing yang terjangkit scabies ini.

3.Hindari tempat grooming atau penitipan hewan yang tidak mempunyai kebersihan yang cukup baik.

4. Mandikan kucing dengan shampoo yang mengandung zat sulfur yang bisa anda dapat di petshop terdekat salah satunya seperti lime sulfur atau sebasol. cara memandikan nya yaitu setelah seluruh tubuh disampoin lalu di diamkan selama 10 sampai 15 menit dan setelah itu bilas dan keringkan, cara ini bisa CatLovers lakukan 2x dalam seminggu.

5. Minyak VCO, yang bisa anda dapatkan di apotik century & guardian, minyak jenis ini sudah terbukti manjur dan aman buat kitten, hamil maupun menyusui. cara penggunaannya yaitu cukup dioleskan pada bagian yang terkena scabies

6. Dan yang terakhir Cara paling ampuh adalah injeksi atau suntik anti scabiesis, yang hanya dapat ditangani oleh dokter hewan. Suntikan scabies ini yaitu jenis obat golongan avermectin antara lain adalah suntik ivermectin, suntik selamectin dan suntik doramectin. Cara ini biasanya dianjurkan oleh dokter yakni 2 kali selang waktu 2 minggu. Setelah itu dijamin scabies yang menyerang kucing akan rontok semua. Jika mempunyai kucing banyak dirumah, disarankan untuk suntik scabies juga walaupun kucing lain tidak terkena scabies, karena ada kemungkinan tertular dan tidak pernah tuntas. oh iya, suntikan ini khusus untuk penyakit scabies saja dan bukan penyakit jamur lain seperti Ringworm.



Setelah mengetahui informasi Penyakit Scabies Pada Kucing Dan Cara Pengobatannya diatas, cobalah memperhatikan kucing anda. Apabila beberapa cara di atas tak dapat mengatasi permasalahan anda, segera bawa ke dokter hewan agar segera di atasi segera.

Baca juga informasi seputar Earmite Pada Kucing 


Jika informasi diatas bermanfaat untuk Anda khususnya CatLovers silahkan KOMENTAR, LIKE dan SHARE biar bermanfaat bagi orang lain juga. Terima kasih.

4 comments:

  1. Wah nice info, ada temen ane cewek suka banget ama kucing, dia punya persia 1 ekor, recommended blog ini

    ReplyDelete
  2. Nice gan. Cocok.buat kucing ane nih

    ReplyDelete
  3. ane harus suruh baca ke adek ane nih soalnya dia pecinta kucing hehehe

    ReplyDelete
  4. bermanfaat bgt infonya gan. makasih ya.

    ReplyDelete