728x90

Saturday, May 21, 2016

Dehidrasi Pada Kucing Dan Tips Pintar Untuk Mengatasinya

Hiii CatLovers... Terima kasih masih setia membaca informasi di blog Rumah Kucing. Pada hari yang cerah ini saya akan membagikan informasi tentang Dehidrasi Pada Kucing Dan Tips Pintar Untuk Mengatasinya. Dehidrasi adalah ganggan dalam keseimbangan cairan atau air didalam tubuh, gangguan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan zat elektrolit tubuh. Gangguan ini dapat menyebabkan implikasi pada kucing jika tidak segera ditangani dengan serius.

Dehidrasi pada kucing juga bisa terjadi pada setiap saat, kucing melakukan banyak aktifitas yang sangat intensif seperti, bermain, berlari, atau berjalan jauh dapat menyebabkan dehidrasi pada kucing. Selain itu kucing yang terlihat cenderung rakus akancenderung beresiko lebih besar mengalami dehidrasi jika tidak ditangani dengan baik.
Di Indonesia sendiri mempunyai iklim tropis yang merupakan penyumbang terbesar dehidrasi pada kucing. Panas dan hujan secara terus menerus cukup membahayakan tubuh kucing Anda. Hmmmmmm.. Apakah Anda mencurigai kucing Anda mengalami dehidrasi? Yuk langsung saja kita simak artikel selengkapnya.
  •  Tanda Kucing Dehidrasi
Sebelum mengetahui penyebab dan cara mengatasi kucing dehidrasi, alangkah baiknya anda mengenali tanda-tanda dehidrasi yang terjadi pada kucing. Hal ini perlu diperhatikan sebab umumnya para pemilik kucing kurang bisa menyadari perubahan kondisi si kucing yang semakin parah dan kehilangan cairan semakin banyak.

Berikut adalah beberapa tanda kucing yang mengalami dehidrasi :

- Mata kucing terlihat cekung
- Kucing terlihat lesu dan lemas
- Bulu kucing terlhat kusam
- Mulut kucing menjadi kering
- Menurunnya nafsu makan
- Kucing mengalami depresi
- Detak jantuk meningkat
  • Penyebab Kucing Dehidrasi
Dehidrasi tidak hanya terjadi apabila cairan tubuh kucing tidak seimbang,  namun juga terjadi pada saat kucing kepanasan karena meningkatnya suhu udara atau kucing terlalu aktif. Kucing yang terkena penyakit diare juga dapat mengalami dehidrasi, karena cairan yang seharusnya terdapat didalam tubuh ikut keluar dengan kotorannya.
  • Cara mengatasi kucing dehidrasi
Dehidrasi merupakan indikasi yang cukup serius, oleh karena itu hal ini harus segera ditangani sebelum beranjak ke kondisi yang lebih parah. Hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya adalah :

- Apabila kucing Anda mengalami dehidrasi disertai diare dan muntah, sebaiknya Anda menyediakan Ice cube sehingga kucing Anda dapat menjilatinya.
- Apabil kucing Anda tidak mau minum, sebaiknya Anda membantunya minum menggunakan suntikan agar air langsng masuk ke dalam tubuhnya. Hal ini harus Anda lakkukan setiap 10 menit selama 1 jam.
- Anda dapat menyiapkan air bersih dengan menambahkan sedikit makanan kalengan agar ucing dapat meminum karena tergoda baunya.

Apabila kucing kondisinya masih kurang membaik, maka segeralah membawa kucing Anda ke dokter agar segera terobati.
  •  Cara mencegah kucing dehidrasi
Terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar asupan gizi dan cairan tubuh kucing tetap terjaga, antara lain :

- Sediakanlah air bersih untuk kucing sepanjang waktu, jangan sampai telat untuk memberinya minum
- Ganti air minum kucing setiap kucing habis minum, agar air tetap segar dan kucing mau meminumnya.
- Cuci wadah air minum setiap hari agar kebersihannya slalu terjaga
- Perhatikan ketika kucing minu, biasanya kucing lebih suka minum di wadah yang sama tp ada  juga yang suka meminum air yang mengalir.
- Tempatkan wadah minum di tempat yang mudah dijangkau, agar si kkucing mudah untuk meminumnya.

Demikian informasi seputar Mitos Menabrak Kucing Dalam Hukum Islam . Tak ada salahnya Anda juga membaca artikel seputar Flu Pada Kucing Dan Cara Penaganannya. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan buat CatLovers khususnya untuk para pemula yang mau adopsi kucing. Jika informasi ini bermanfaat silahkan KOMENTAR, LIKE dan SHARE biar bermanfaat bagi orang lain juga. Terima kasih

2 comments:

  1. mantab ini yang ane cari dari kemaren (y) thank's gan :D

    ReplyDelete
  2. wah penghobi kucing ya eheheh mantaaap broo

    ReplyDelete