728x90

Monday, May 9, 2016

Apa Sih Yang Disebut Hairball Pada Kucing?

Hiii CatLovers... Terima kasih masih setia membaca informasi di blog Rumah Kucing. Pada hari yang cerah ini saya akan membagikan informasi tentang Hairball Pada Kucing. Kucing adalah hewan yang suka kebersihan, saking bersihnya sampai mereka menjilati dan menyisir bulu bulunya sendiri, hal ini dilakkukan kucing untuk membersihkan kotoran dan menghilangkan bulu bulunya yang rontok.

Lidah kucing sendiri memiliki permukaan yang menyerupai sisir jika dilihat dari microskop, pada saat menjilati bulunya yang rontok akan tersangkut di lidah, dan ditelan masuk sampai ke saluran penceraan. Bagaimanapun juga lama kelamaan bulu bulu ini akan menumpuk dan menggumpal di lambung atau usus, dan bulu bulu ini akan dikeluarkan kucing dengan cara melalui muntah muntah. Hal inilah yang dinamakan Hairball. 
 Hairball jarang sekali menyebabkan masalah serius pada kucing, namun Hairball sering sekali terjadi pada kucing terutama kucing yang mempunyai bulu yang panjang, apalagi kucing tersebut sedang mengalami kerontokan bulu atau jarang disisir oleh pemiliknya.

Pada beberapa kejadian yang pernah saya teliti di grub grub medsos, Hairball bisa juga meyebabkan meyumbat saluran pencernaan dan menyebabkan masalah yang serius/penyakit. Hairball ini juga dapat menyumbat Esofagus (Saluran penghubung mulut & lambung), lambung, usus kecil atau usus besar. Jika Hairball ini tidak segera diatasi maka akan berakibat fatal pada kucing. Pada kasus yang parah, hanya tindakan bedah yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan Hairball yang menyumbat.

Berikut adalah beberapa tanda tanda kucing sedang mengalami Hairball.

- Muntah muntah, biasanya hal ini terlihat adanya gumpalan bulu, gumpalan bulu bisa berbentuk bola kecil atau agak panjang seperti kotoran kucing. Untuk memastikan muntah si kucing itu Hairball maka gunakanlah ranting atau tongkat kecil dan tekan gumpalan tersebut. Jika kotoran biasanya lunak, namun kalau Hairball akan terasa agak kenyal dan terasa seperti ada serabut/rambut.
- Sembelit
- Kurangnya nafsu makan
- Depresi
- Lesu dan enggan banyak bergerak
- Tidak nyaman di bagian perut

Berikut adalah cara mengobati Hairball.

Umumnya Hairball pada kucing dikeluarkan dengan muntah muntah, namun alangkah baiknya segera bawa ke dokter hewan bila mana kucing kesayangan Anda mengalami Hairball. Secara teratur berikanlah kucing Anda rerumputan yang disukai oleh kucing, karena dengan cara memberi rumput kucing, akan memuntahkan Hairball yang ada didalam usus atau lambung. Di petshop juga ada berbagai laksati dan obat obatan yang bisa mengatasi Hairball pada kucing.

Cara pencegahan Hairball pada kucing.

- Mandikan dan sisir kucing Anda secara teratur, terutama pada musim kemarau/panas. Pada musim tersebut bulu kucing akan mudah rontok. Semakin banyak bulu rontok yang disisir semakin sedikit bulu rontok yang ditelan kucing, dan semakin kecil pula resiko kucing Anda mengalami Hairball.

- Pemberian secara teratur serat/rerumputan khusus kucing yang dijual di petshop, hal ini juga dapat mengatasi resiko kucing Anda mengatasi Hairball. Tetapi, konsultasikan dulu pada Dokter hewan mengenai produk produk yang bisa mengatasi Hairball pada kucing.

- Berilah juga makanan yang anti Hairball, banyak merk makanan yang sudah disertai anti Hairball, seperti makanan merk MEO Persian Anti Hairball.


Demikian informasi seputar Hairball Pada Kucing. Tak ada salahnya Anda juga membaca artikel seputar Mengobati Kucing Yang Terkena Jamur. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan buat CatLovers khususnya untuk para pemula yang mau adopsi kucing. Jika informasi ini bermanfaat silahkan KOMENTAR, LIKE dan SHARE biar bermanfaat bagi orang lain juga. Terima kasih. 

8 comments:

  1. Mau pelihara kucing, tapi masih mikir 2 kali :(

    ReplyDelete
  2. oke thx infonya, ketemu juga nih artikel

    ReplyDelete
  3. Oalahhh, ini utk semua jenis kucing y masbro bisa terkena hairball?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas.. tp kebanyakan hal ini terjadi pada kucing yang mempunyai bulu yang panjang atau rontok..

      Delete
  4. liat foto2nya jadi pengen miara kucing
    salam kenal dari simbalisme.blogspot.com

    ReplyDelete