728x90

Tuesday, May 3, 2016

Membantu Kucing Melahirkan

Hiii CatLovers. I’m back with new topic (sok jago ngomong bahasa inggris) :D Pada hari ini saya akan membagikan cara untuk menjadi bidan saat kucing anda sedang melahirkan. Sangatlah penting bagi orang-orang khususnya CatLovers yang belum tau hal-hal yang perlu dilakukan pada saat kucing kesayangan kita melahirkan.


 Yuk langsung saja kita simak informasinya.. hehehe.

1. Anda harus ingat bahwa, tidak semua kucing memerlukan bantuan atau memerlukan teman saat melahirkan. Untuk permulaan kita harus selalu mengawasi sii kucing, bila sii kucing sudah kesulitan pada waktu proses melahirkan, itu saatnya kita turut membantu persalinannya.

2. Sediakan tempat yang aman dan hangat, Pastikan tempat tersebut tidak mudah di hampiri hewan lain. Si induk akan terkejut dan akan melakukan tingkah laku yang keluar dari kendali bilamana diganggu oleh hewan lain.

3. Sediakan tempat lain yang bersih untuk bayi-bayi kucing yang baru lahir, hal ini dilakukan supaya bayi-bayi yang baru lahir tidak terhimpit, pastikan juga tempat tersebut telah disediakan kain-kain bersih yang lembut, dan sediakan tempat makanan dan minuman yang mudah diakses oleh sii induk.

4. Bilamana kucing Anda mempunyai bulu yang panjang, kita harus mencukur bulu sii kucing bagian belakang (bulu sekitar anus dan bulu sekitar susunya). hal ini dilakukan supaya memudahkan proses melahirkan dan membantu sii bayi kucing menyusu dengan mudah.

5.Kenali tanda-tanda saat sii induk sudah mau melahirkan. Berikut tanda-tandanya :
   - Mulai gelisah mencari tempat yang aman buat bayi-bayinya.
   - Mulai menjilati bagian badan terutama bagian sekitar kemaluannya
   - Nafas sudah ngos-ngosan
   - Suhu badan akan menurun sedikit dari batas normal
   - Nafsu makan menjadi berkurang
   - Meneteskan air putih kental (air ketuban) atau darah dari kemaluannya.

6.Jangan berisik dan jangan membuat sii induk terkejut, bilamana sii induk terkejut dan kaget akan menyebabkan memanjangkan waktu proses lahiran sii bayi kucing.

7. Bilamana sii induk tidak memotong tali pusarnya, segeralah Anda ikut membantu memotong tali pusarnya.
Tapi ingat jangan sampai memotong tali pusarnya apabila masih ada bagian yang terdapat didalam tubuh sii induk.

8. Jika sii induk tidak mau menyusui segeralah Anda ambil tindakan menyusui sii bayi kucing menggunakan spet/dot bayi.Susunya jangan sembarangan, di petshop-petshop sudah banyak yang tersedia.

9. Patikan Anda mencatat tanggal lahir, warna, dan kesehatannya, hal ini dilakukan agar memudahkan perawatan dimasa yang akan datang.

Itulah beberapa tips untuk membantu kucing melahirkan. Semoga informasi yang saya berikan dapat membantu permasalahan Anda. 
Jika Artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan KOMENTAR, LIKE dan SHARE. Terima kasih.

2 comments:

  1. Pengen nyoba rawat kucing,jadi merinding liat kucing melahirkan :D

    ReplyDelete
  2. Kalo kucing di lingkugan ane setelah melahirkan kadang pindah 2 wkwk

    ReplyDelete