728x90

Monday, May 16, 2016

Flu Pada Kucing Dan Cara Penanganannya

Hiii CatLovers... Terima kasih masih setia membaca informasi di blog Rumah Kucing. Pada hari yang cerah ini saya akan membagikan informasi tentang Flu Pada Kucing Dan Cara Penanganannya. Salah satu masalah saat memelihara kucing adalah terjangkitnya penyakit flu pada kucing, semua ras kucing dapat terkena flu apalagi saat musim hujan atau dingin.
Jika kucing kesayangan Anda belum pernah vaksin, kemungkinan terkena penyakit flu ini cukup tinggi, karena fungsi vaksin sendiri adalah untuk mempertahankan daya tubuh agar tidak nudah terserang penyakit, memang penyakit ini tidak mengakibatkan fatal pada kucing dewasa, tetapi jika penyakit ini menyerang bayi kucing pada saat kurang lebih umur 1 bulan akan sangat berbahaya dan bisa mengancam nyawanya.

Penyakit ini disebabkan oleh virus Feline Herpesvirus dan infeksi bakteri, penyakit ini yang disebabkan oleh virus tersebut juga dapat mengakibatkan mata belekan pada kucing. Meskipun gejala spesifik berlum muncul seperti, bersin bersin, hidung keluar lendir, demam, sariawan dan radang tenggorokan sehingga terjadi penurunan nafsu makan.

Penularan penyakit ini bisa melalui air liur, cairan bersin, kontak peralatan yang tercemar maupun dari bahan bahan kimia. Masa inkunbasi dapat mencapai waktu selama 3 minggu, artinya kucing bisa saja tidak dapat menunjukkan gejala sakit lu selama 3 minggu virus tersebut menyerang.

Hingga saat ini belu ada obat khusus yang dapat mengobati kucing yang terkena flu, tetapi kucing yang terserang sakit karena kekebalan tubuhnya menurun akibat kedinginan dan biasanya pemberian suplemen yang masih terlalu minim. Dan Anda perlu perhatikan juga, jangan sampai memberi obat flu manusia kepada kucing karena efeknya sangat berbahaya. Apabila gejalanya semakin parah segerahlah konsultasikan ke Dokter Hewan.

Ada Beberapa cara alami yang dapat mencegah kucing yang terkena flu, seperti memberinya madu 1x4 jam, taruh kucing dikandang yang hangat, beri asupan nutrisi yang cukup, dan jangan sampai membiarkan kucing kehujanan atau ditinggal sendiri diluar rumah pada saat malam hari karena cuacanya semakin malam makin dingin dan dapat menurunkan kekebalan tubuh kucing.

Tim peneliti telah merangkum beberapa Tips yang dapat Anda coba diru,ah sebelum membawa kucing Anda ke dokter hewan. Berikut cara penanganannya pada kucing yang terkena flu.
  • Berikan suplemen dan kucing yang sedang sakit, hal ini dapat membantu kekebalan tubuh kucing kesayangan Anda lebih maksimal walaupun masih terkena flu, Apabila flu yang terjadi pada kucing tidak begitu parah, hal ini dapat membuat kucing lekas sembuh dari penyakitnya.
  • Kondisi kucing yang terkena flu biasanya rentan terhadap air, untuk itu jangan memandikannya terlebih dahulu, coba gunakan kain yang basah lalu usapi pada tubuhnya secara perlahan apabila kucing Anda terlihat kotor.
  • Salah satu yang harus diperhatikan adalah mengusapi ingus pada kucing, karena ingus sendiri mengandung berbagai kuman kuman dan bakteri yang mengakibatkan kucing Anda semakin parah.
  •  Cobalah menjemur kucing pada terik matahari pada pagi hari, hal ini dapat membunuh kuman kuman serta bakteri yang dapat menyebabkan kucing pilek. Tak perlu khawatir, apabila kucing terlihat bersin bersin, karena itu tanda penyakit flu. Anda dapa mengusap ingus yang keluar dari hidung kucing dengan lap kering sampai bersih.
Demikian informasi seputar Flu Pada Kucing Dan Cara Penanganannya. Tak ada salahnya Anda juga membaca artikel seputar Makanan Basah Untuk Kucing Yang Menyehatkan. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan buat CatLovers khususnya untuk para pemula yang mau adopsi kucing. Jika informasi ini bermanfaat silahkan KOMENTAR, LIKE dan SHARE biar bermanfaat bagi orang lain juga. Terima kasih

Sumber Foto : Diambil Dari Google

9 comments: