728x90

Tuesday, May 24, 2016

Ternyata, Kucing Juga Dapat Memahami Perasaan Pemiliknya!

Hiii CatLovers... Terima kasih masih setia membaca informasi di blog Rumah Kucing. Pada hari yang cerah ini saya akan membagikan informasi tentang Fakta Kucing Dapat Memahami Perasaan Pemiliknya. Apa Anda pernah merasa bahwa kucing dapat memahami perasaan Anda yang sedang emosi atau bahagia? Mungkin Anda benar.

Ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa kucing sensitif dengan emosi manusia. Seperti halnya kucing dapat mengerti kapan manusia bahagia. Menurut penelitihan study terbaru.
Moriah Galvan dan Jennifer Vonk dari Universitas Oakland di Kota Rochester, Negara Bagian Michigan, Amerika Serikat, mengamati 12 kucing serta pemiliknya. Dari pengamatan tersebut keduanya mengetahui memperlihatkan sikap berbeda manakala empunya tersenyum dikala menyerngit.

Dalam kajian yang dipublikasikan di jurnal Animal Cognition itu, Galvan Vonk menemukan pola berbeda  pada 12 kucing tersebut disaat dihadapkan orang yang tak dikenal olehnya, alih-alih majikannya. Ternyata ke-12 kucing tersebut menunjukkan perilaku yang sama, terlepas orang yang tak dikenal itu tersenyum atauy menyerngit.

Hasil pengamatan dari mahasiswa tersebut mengindikasikan 2 hal yakni, kucing dapat memahami ekspresi manusia dan kucing empelajari kemampuan ini dalam kurun waktu tertentu. Inilah bukti pertama yang meyakinkan bahwa kucing dapat memahami perasaa manusia seperti halnya dengan kemampuan anjing. Lebih jauh, temuan Moriah Galvan dan Jennifer Vonk mengindikasikan ahwa kucing dapat memahami perasaan manusia, lebih dari yang kita perkirakan.

Meski demikian, bukan berarti kucing dapat berempati. Mungkin juga kucing belajar untuk mengaitkan senyuman majian mereka dengan hadiah. Sebab, faktanya pemilik kucing memanjakan mereka pada saat mood nya sedang baik. Kalaupun kucing tidak benar memahami perasaan manusia, Galvan dan Vonk mengisyaratkan bahwa kucing dapat mengetahhui bahasa emosi manusia.

"Apakah kucing benar-benar paham dan memberi perhatian kepada manusia, manusia peduli pada itu. Penelitian kami mengungkapkan bahwa kucing tidak seacuh yang kerap dituduhkan orang," Pungkas Vonk.

Mungkin kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengetahui intelektual emosi kucing, pada dasarnya respons mereka cenderung tak kasat mata. Selain sikap positif yang biasanya kucing lakukan seperti mengeluarkan suara yang khas dan menggesekkan badannya, 2 orang peneliti tersebut juga mendapati bahwa kucing menunjukkan posisi tubuh tertentu pada bagian telinga dan ekor.

Perilaku kucing ini sangatlah berbeda dengan perilaku anjing yang memberi respons berbeda saat dihadapkan pada manusia yang berekspresi sedih dan marah. Pada pengamatan tahun 2011 lalu, menunjukan bahwa anjing akan menghindari seseorang yang terlihat marah. Perbedaan respons anjing dengan kucing pada emosi manusia dapat dilacak sampai ke era prasejarah. Dimana faktor sejarah tersebut menunjukkan bagaimana respons anjing dan kucx\ing beradaptasi dengan kehidupan manusia.

Namun, terlalu dini untuk menarik kesimpulan mengenai pola pikir kucing. Pemilik kucing harus selalu belajar untuk mengertahui tingkah laku kucing peliharaannya. Kenyataan sederhana, kita tidak tahu mengapa kucing sering mengeluarkan bunyi yang sangat khas ketika merasa puas dengan pemiliknya.

Demikian informasi seputar Fakta Kucing Dapat Memahami Perasaan Pemiliknya. Tak ada salahnya Anda juga membaca artikel seputar Kenali Bahasa Tubuh Kucing. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan buat CatLovers khususnya untuk para pemula yang mau adopsi kucing. Jika informasi ini bermanfaat silahkan KOMENTAR, LIKE dan SHARE biar bermanfaat bagi orang lain juga. Terima kasih

3 comments:

  1. wah iya tah? beli kucing ah hehehehehe kalo pasangan g ngerti minimal ada kucing :(

    ReplyDelete
  2. Baru tahu kalau kucing ternyata juga bisa memahami perasaan kita. Jadi + sayang sama si meong. Thanks infonya gan.

    ReplyDelete
  3. Kucing memang bener bs memahami perasaan saya yg jones gan, haha

    ReplyDelete